Cara Menanam dan Perawatan Bunga Kertas di Pekarangan Rumah

Apakah anda adalah salah satu orang yang suka bercocok tanam? Atau anda sedang mencari tanaman untuk halaman rumah anda? Tanaman hias bisa anda jadikan pilihannya, salah satunya yaitu tanaman bunga kertas atau yang lebih dikenal dengan nama bougenville. Tanaman yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri karena bunga tersebut memiliki beraneka macam warna, ada merah, jingga, kuning, orange. Dengan warna-warna terang nan indah tersebut tentu dapat membuat lingkungan anda akan tampak lebih segar dan asri.

bunga-kertas

Anda bisa menanam tanaman bunga kertas ini di pekarangan rumah anda atau mungkin diletakkan pada sebuah pot yang nantinya dapat anda letakkan di bagian teras rumah atau bahkan di dalam rumah. Cara stek bunga kertas 3 warna tanpa akar, Tentu saja tanaman bougenville dapat memberikan aksen tersendiri dalam menghias rumah anda. Selain untuk pemandangan di lingkungan anda, tanaman bunga kertas ini tentu saja juga bisa membuat udara disekitar anda menjadi lebih sehat karena oksigen yang dihasilkannya. Cara menanam tanaman bougenville tersebut pun tidak sulit untuk dilakukan.

Langkah langkah budi daya tanaman bunga kertas

Coba simak beberapa cara dalam menanam bunga kertas berikut ini:

Menanam bunga kertas dengan media campuran

Salah satu media campuran yang bisa digunakan untuk menanam bougenville adalah pasir. Tanaman bunga kertas dapat tumbuh dengan baik di media tanam yang sifatnya agak berpasir, karena sifat pasir yang porous, yaitu memiliki lubang-lubang kecil atau bisa disebut juga pori-pori. Fungsi porous tersebut dapat membuat udara mudah untuk masuk ke dalam media tanam sehingga melancarkan drainase airnya. Selain itu, porous dapat menjaga kestabilan kelembaban di dalamnya. Untuk lebih optimal, mengokulasi letakkanlah pasir di bagian paling bawah dari pot sebanyak sepertiga bagian.

Cara Menyetek Tanaman Bunga Kertas

Melakukan budidaya tanaman dengan sistem stek pasti sudah tidak asing lagi. Cara menyetek atau menyambung atau menempel tanaman bunga kertas sambung pucuk bunga kertas dengan btg besar telah banyak dilakukan untuk berbagai tanaman, bunga kertas pun juga dapat ditanam dengan cara stek batang ini. Pertama, carilah terlebih dahulu batang tanaman bougenville yang sudah dewas dan cukup besar. Kemudian potonglah batang tersebut dengan bentuk menyerong dan sedikit runcing. Lalu batang tersebut bisa anda tanam dengan menancapkannya ke media tanam seperti tanah dengan kedalaman sekitar tiga hingga enam centimeter. Akan lebih baik jika anda melakukan sistem tanam dengan stek batang ini pada pagi hari atau bahkan malam hari. Pasalnya, pada waktu-waktu tersebut dapat membuat bunga kertas tumbuh dan berkembang dengan baik.

Perawatan Bunga Kertas

Cara merawat bunga kembang kertas, Setelah melakukan penanaman, tentu saja anda perlu untuk melakukan perawatan terhadap tanaman bougenville ini. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat bunga kertas anda makin menarik:

Melakukan pemangkasan secara teratur

Tahukah anda? Ternyata dengan melakukan pemangkasan tanaman secara teratur dapat membuat tanaman anda semakin cepat lebat dan sering berbunga, begitupun untuk bunga kertas ini. Cara memangkas bunga kertas yaitu, anda tinggal memangkas beberapa ranting, cabang, dan bahkan daun dari bunga kertas secara berkala. Jika anda terlalu membiarkan bougenville dipenuhi daun dapat membuat tanaman tersebut menjadi jarang berbunga.

Perhatikan lingkungan sekitar dan kebutuhan tanaman bougenville

Bunga kertas butuh untuk diberikan air atau penyiraman secara teratur. Selain itu, bougenville juga membutuhkan penyinaran cahaya matahari yang cukup untuk membantu pertumbuhan tanaman bunga kertas tersebut.

Lakukan pemupukan dengan teratur

Pupuk sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk yang terbaik adalah pupuk organik, yang jenisnya bisa pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan atau pupuk kompos yang berasal dari dedaunan yang sudah layu.

Cara Menanam dan Perawatan Bunga Kertas di Pekarangan Rumah | carakumenanam | 4.5 |