Beberapa Cara Menanam Kacang Hijau yang Baik

Kacang hijau atau yang memiliki nama binomial vigna radiata banyak tumbuh dan berkembang di daerah tropis. Tanaman kacang hijau masuk dalam salah satu jenis polong-polongan. Kacang hijau juga masuk dalam jenis palawija. Meski bentuknya kecil namun manfaat yang terkandung di dalam tanaman kacang hijau tidak dapat disepelekan. Tanaman kacang hijau sendiri mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Selain itu, kacang hijau juga mengandung mineral seperti fosfor dan kalsium serta memiliki kandungan lemak berupa asam lemak tak jenuh.  Bagian terpenting yang banyak diambil manfaatnya oleh masyarakat adalah bagian bijinya.

kacang-hijau

Berikut ini ada beberapa cara bagi anda yang ingin menanam kacang hijau

  • Cara menanam kacang hijau dengan tanah

Kacang hijau paling cocok untuk ditanam di tanah dengan tekstur liat dan berlempung, karena tanah tersebut memiliki kandungan bahan organic dan drainasenya pun baik. Bibit kacang hijau tersebut akan tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki pH 5,8-7,0. Akan tetapi jika lahan anda memiliki tipe tanah yang becek, maka anda harus membangun saluran drainase yang berjarak 3-5 m. tanaman kacang hijau biasanya dibangun dengan teknik tugal, yaitu dengan membuat celah-celah. Setiap celah diisi dengan dua biji atau bibit tanaman kacang hijau.

kacang-hijau

  • Cara menanam kacang hijau dengan kapas

Cara ini banyak dipraktikkan oleh para siswa sebagai tugas sekolah. Bagaimana sih cara menanam kacang hijau dengan media kapas ini?

  • Pertama, siapkan dahulu bahan dan alat-alat yang diperlukan, seperti bibit tanaman kacang hijau, kapas, dan wadah. Wadah yang digunakan cukup wadah yang berukuran kecil, misalnya saja bekas gelas air mineral.
  • Selanjutnya, rendamlah terlebih dahulu bibit kacang hijau tersebut.
  • Masukkanlah beberapa helai kapas ke dalam wadah yang telah disiapkan. Setelah itu letakkan bibit kacang tanah secukupnya, jangan sampai memenuhi seluruh permukaan kapas.
  • Lalu masukkan air secukupnya. Jangan sampai air tersebut menenggelamkan kapas.
  • Selesai, tinggal menunggu beberapa hari saja. Maka kacang hijau pun akan mulai tumbuh.

kacang-hijau

Cara menanam kacang hijau dengan teknik hidroponik

System hidroponik mulai popular dikalangan masyarakat. Alasannya adalah bahwa teknik penanaman ini tidak memerlukan lahan yang luas dan cara penanamannya pun mudah. Menanam dengan teknik hidroponik adalah system menanam dengan media pengairan berupa pipa.

  • Terlebih dulu siapkanlah alat dan bahannya yang berupa bibit kacang hijau, kerikil, pellet tanah liat, dan juga wadah. Akan sangat baik jika anda juga menyiapkan beberapa pupuk untuk mendukung pertumbuhan tanaman kacang hijau.
  • Wadah yang biasa digunakan dalam tenik penanaman hidroponik adalah pipa. Maka selanjutnya, anda harus membuat beberapa lubang secara sejajar di bagian sisi pipa yang sama.
  • Kemudian buatlah larutan hidroponik dan nutrisi untuk media tanamnya. Caranya dengan mencampurkan kerikil, pellet tanah liat dan juga pupuknya.
  • Lalu tempatkanlah campuran larutan hidroponik dan nutrisi tersebut ke dalam wadah berupa pipa.
  • Setelah itu anda dapat meletakkan biji-biji tanaman kacang hijau di atasnya. Dalam meletakkan bibit kacang hijau, jangan terlalu rapat. Berilah jarak secukupnya saat meletakkan bibit kacang hijau.
kacang-hijau

Ilustrasi penanaman kacang hijau secara hidroponik

Pada setiap teknik penanaman tersebut di atas, perlu diperhatikan bahwa perawatan yang telatan dan rutin juga sangat diperlukan. Pemberian pupuk dengan kualitas baik juga dapat mendukung pertumbuhan kacang hijau. Selain itu, system pengairan dan pencahayaan pada tanaman juga menunjang pertumbuhan kacang hijau ini.

Beberapa Cara Menanam Kacang Hijau yang Baik | carakumenanam | 4.5 |