Keunggulan Teknik Membudidayakan Tanaman dalam Pot

Dewasa ini, teknologi dalam budidaya dan perkebunan sudah berkembang dengan pesat. Pandangan mengenai berkebun yang tidak lagi selalu harus menggunakan lahan yang luas contohnya. Benar adanya, karena sudah banyak sekali dikembangkan upaya menanam tanaman dalam keterbatasan lahan. Salah satu caranya adalah dengan menanam dalam pot. Baik buah ataupun sayuran dapat dibudidayakan dalam pot. Lalu, bagaimanakah cara menanam tanaman dalam pot? Adakah keunggulan dari cara menanam tanaman dalam pot ini?

tanaman pot

Keunggulan Teknik Membudidayakan Tanaman dalam Pot

Segala hal dalam bumi ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti juga menanam tanaman dalam pot yang memiliki keunggulan dan kekurangannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, membudidayakan tanaman dalam pot unggul dalam nilai keefektifan lahannya. Sedangkan kekurangannya, tidak semua jenis buah dan sayuran dapat tumbuh dengan sehat dalam pot. Oleh karena itu, cara menanam tanaman dalam pot yang pertama adalah dengan memastikan bibit tanaman. Bibit tanaman yang harus dipilih adalah yang memang cocok untuk dibudidayakan dalam pot. Apa saja jenis tanaman yang cocok dibudidayakan dalam pot? Perhatikan daftar berikut ini:

  • Tanaman buah; buah tomat, buah jeruk, buah naga, dan buah jambu.
  • Tanaman sayur; sawi, cabe, kangkung, dan selada.

Dengan memilih jenis benih tanaman yang tepat, upaya pembudidayaan akan memiliki peluang kesuksesan lebih tinggi. Selain memilih jenis benih, berikut ini beberapa cara menanam tanaman dalam pot yang harus diperhatikan:

Pengendalian kadar air

Sama seperti budidaya pada umumnya pengairan tentu memegang peranan yang sangat penting. Pengairan harus dilakukan secara pas, tidak berlebihan ataupun berkekurangan. Perhatikan ukuran media pot dan kadar pengairan yang diberikan, serta perhatikan juga aliran air agar tidak menghambat di dalam pot. Terdapat beberapa tanaman yang dapat langsung disiram setelah ditanam, namun ada juga yang baru bisa disiram beberapa hari setelah ditanam. Pengetahuan akan kadar penerimaan air dari tanaman ini penting untuk diketahui oleh petani. Pengairan pada tanaman juga harus memperhatikan masa atau cuaca penanaman. Misal jika penanaman dilakukan di musim kemarau, maka dibutuhkan pengairan yang lebih banyak intensitasnya dibandingkan di musim normal tanaman. Begitupun jika sedang musim penghujan, dapat dikurangi intensitas pengairan yang diberikan sesuai jenis tanamannya. Pengairan ini merupakan penentu pertumbuhan dari tanaman itu nantinya, jika terlalu banyak air biasanya bunga akan sulit muncul dan hanya daunnya yang tumbuh subur. Teknik penyiraman juga harus dijadikan perhatian lebih, seperti memastikan penyiraman dilakukan di waktu yang tidak mengganggu proses fotosintesis tumbuhan.

Pengendalian penerimaan sinar matahari langsung

Setiap tanaman tentu akan melakukan fotosintesis sebagai bentuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Fotosintesis pada tumbuhan dapat dianalogikan seperti makan pada manusia. Oleh karena itu, penting untuk diperhatikan bahwa tanaman dalam pot diposisikan untuk mendapatkan sinar matahari langsung untuk membantu proses fotosintesis tanaman tersebut. Akan tetapi, sama seperti air setiap jenis tanaman memiliki kadar kebutuhan sinar mataharinya masing-masing. Ada tanaman yang hanya membutuhkan sinar matahari tidak dalam intensitas yang tinggi, tetapi ada juga yang selalu membutuhkan sinar matahari. Hal-hal mengenai kegemaran dari tanaman ini, penting untuk diketahui oleh petani. Sehingga proses fotosintesis dapat dilakukan oleh tanaman yang tentu dapat mempercepat proses pertumbuhan tanaman juga.

Pengendalian hama dan penyakit

Setiap tanaman memiliki resiko hama dan penyakitnya masing-masing. Sehingga, perhatikan untuk tetap merawat tanaman dan memastikan pot dapat mendukung untuk mencegah pengendalian hama dan penyakit dengan tetap melakukan pemeriksaan. Dapat juga dilakukan upaya penyemprotan pembasmi hama seperti biopestisida yang dibuat dari bahan-bahan alami.

Pengendalian pertumbuhan dengan pemangkasan

Pemangkasan pada daun-daun yang menguning dan menua penting untuk dilakukan. Dengan melakukan pemangkasan pertumbuhan dalam pot tetap dapat berlangsung dan bentuknya akan semakin menarik perhatian.

Demikianlah beberapa cara menanam tanaman dalam pot yang harus diperhatikan. Keuntungan menanam tanaman dalam pot tentu dilihat dari begitu mudahnya proses perawatan dan pengendalian. Jika tumbuhan membutuhkan sinar matahari yang lebih, maka pot dapat mudah dipindahkan tidak seperti pada lahan langsung, dan keuntungan lainnya. Oleh karena itu, tunggu apalagi? Segera budidayakan tanaman anda sendiri dalam pot dan rasakan kemudahan serta keuntungannya!

Keunggulan Teknik Membudidayakan Tanaman dalam Pot | carakumenanam | 4.5 |